Friday, February 20, 2009

BISNIS SOUVENIR PERNIKAHAN

Bagi anda seorang karyawan, mahasiswa, atau pegawai swasta yang pingin punya tambahan penghasilan, mungkin bisnis souvenir pernikahan inilah salah satu solusinya. Karena sifatnya sampingan kami sarankan modal awalnya pun jangan terlalu besar dahulu, nah setelah bisnis ini berjalan lancar maka anda dapat menambah lagi modalnya.
Bisnis souvenir ini kelihatannya barangnya kecil dan harganya murah tetapi bila anda tekuni akan menambah penghasilan anda, karena umumnya pemesanan souvenir biasanya dalam jumlah ratusan. Hal ini biasannya jumlah suvenir disesuikan dengan jumlah tamu undangan yang akan melangsungkan acara.
Ambil contoh tiap satu biji barang souvenir anda mengambil keuntungan Rp.500,- saja maka anda dapat mengalikan dengan jumlah undangan acara tersebut, misalnya undanganya 500 orang saja maka keuntungan yang kita dapatkan tiap satu acara Rp.500,-X 500 orang sehingga keuntungan anda tiap even sekitar Rp.250.000,-, cukup menggiurkan bukan ?
Bisnis ini untuk tahap awal dapat dilakukan dirumah anda dahulu dan setelah dirasa bisnis mulai mengembang anda dapat menyewa tempat sebagai show room sebagai pajangan souvenir anda.

SASARAN BISNIS :
Orang yang menjadi sasaran bisnis ini adalah para calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan, orang yang akan merayakan ulang tahun, kelahiran anak atau panitia even even seperti seminar, loka karya dan lain sebagainya.

CARA MEMULAINYA:
Untuk tahap awal anda dapat melakukan surve ke toko-toko penyedia souvenir. Anda dapat memilih-milih souvenir yang sesuai dengan acaranya. Dan jangan lupa pilihlah souvenir yang unik, lucu dan barangnya yang murah. Setelah anda menentukan jenis barang anda kami sarankan tidak membeli jumlah banyak, untuk tahap awal anda cukup membeli contoh barangnya tiap jenis barang cukup satu buah.
Dalam membeli barang souvenir ini anda dapat membeli souvenir yang sudah di bungkus dan juga dapat membeli barang yang belum dibungkus. Untuk barang yang belum bungkus untungnya cukup lumayan namun pekerjaannya tambah dan juga harus membeli pembungkus souvenirnya.
Tahap selanjutnya anda datang di gedung-gedung pertemuan yang biasanya digunakan untuk acara pernikahan, ulang tahun, atau seminar-seminar. Setelah itu anda pendekatan dengan resepsionis gedung / hotel tempat acara kemudian anda menanyakan jadwal yang akan menggunakan gedung ini. Cara untuk memudahkan komunikasi agar resepsionis memberikan informasi yang anda inginkan anda dapat menjanjikan kepada resepsionis apabila resepsionis tadi memberikan informasi dan berhasil mendapat order maka anda akan memberikan tip kepada resepsionis ini.
Setelah nama-nama calon pengguna gedung anda dapatkan anda tinggal menghubungi mereka untuk selanjutnya menawarkan souvenir anda kepada calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan, orang yang akan ulang tahun, atau panitia even even seperti seminar, loka karya tersebut. Setelah anda dapat order dari mereka selanjutnya anda baru membeli dengan jumlah sesuai dengan jumlah pesanan. Namun apabila modal anda cukup anda langsung dapat stok barang sehingga sewaktu waktu ada order anda dapat langsung melayaninya.
Untuk lebih menarik calon pemesan anda dapat menambahkan bonus kartu ucapan misalnya atau dengan menambahkan pada souvenir anda berupa nama dari kedua mempelai atau nama perusahaan bagi yang menyelenggarakan seminar. Jenis - jenis souvenir yang mungkin dapat anda pertimbangkan untuk dipesan adalah seperti bahan-bahan dari grabah, tempat lilin, kupu-kupu kain, korek api, sendok, tempat mrica, kalkulator unik, gantungan kunci, staples, kipas dan lain lainnya.
Bagi anda yang bisa langsung dapat memproduksi barang souvenir sendiri anda dapat langsung dipasarkan namun hal ini akan membutuhkan modal dan tenaga kerja yang cukup banyak namun hasilnya cukup besar.
Agar usaha anda ini diketahui oleh masyarakat tentunya anda harus mempromosikan bisnis anda. Promosi yang cukup ampuh yang dapat anda lakukan adalah bisa lewat iklan melalui iklan baris dikoran atau diinternet. Dan untuk memperkenalkan usaha di masyarakat dilingkungan rumah anda jangan lupa pasang papan nama didepan rumah anda siapa tahu tetangga anda yang akan order souvenir anda

PERKIRAAN KEUNTUNGAN:
Investasi awal :
Kulakan souvenir : Rp. 1.500.000,-
Pembuatan kartu nama dan papan harga : Rp. 50.000,-
Tempat pajangan produk dan papan nama : Rp. 500.000,-
Total : Rp. 2.050.000,-
Biaya Operasional :
Kulakan produk souvenir : Rp. 1.000.000,-
Transportasi dan telpon : Rp. 200.000,-
Biaya iklan dikoran/ internet : Rp. 200.000,-
Total : Rp.1.400.000,- :
Omset perbulan : Rp.2.650.000,-
Laba perbulan : Rp.1.250.000,-
Analisa Balik modal : 1,6 bulan

No comments:

Post a Comment